Berikut 10 Tips dan Trik Agar Bahan Makanan Lebih Awet – Terdapat banyak cara untuk menyimpan makanan agar lebih awet dan tahan lama. Salah satunya yaitu penyimpanan yang baik. Terdapat tips dan trik khusus dalam menjaga kesegaran bahan makanan seperti tips dan trik berikut ini.

Baca Juga :


Inilah 10 Tips dan Trik agar bahan makanan lebih awet

1. Bekukan susu

Susu merupakan bahan makanan yang mudah basi. Namun ada tips agar susu segar anda dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Anda bisa membekukan susu anda di dalam freezer. Namun sebelum membekukan susu segar, keluarkan dahulu sedikit susu.

Susu yang dibekukan akan meningkat volumenya. Sebaiknya susu yang dibekukan dalam freezer tidak lebih dari 4-6 minggu.

2. Simpan saus dalam freezer

Sisa saus bisa disimpan dalam freezer. Tempatkan dalam kantung penyimpanan dan taruh di freezer. Dalam satu jam saus akan cukup membeku sampai bisa dipotong. Gunakan saus ini ketika perlu.

3. Bekukan telur dalam cetakan es batu

Kadang Anda tidak bisa memakai seluruh telur saat masih segar atau hanya memakai bagian putihnya. Sementara kuningnya tersingkirkan. Tidak perlu khawatir, telur bisa dibekukan juga. Tuang saja isi telur ke dalam cetakan es batu. Tambahkan sedikit garam atau gula yang bisa menjaga teksturnya. Kemudian gunakan sesuai kebutuhan.

4. Simpan apel dalam kulkas

Apel biasanya tetap segar lebih lama dibanding buah lain. Rasanya bisa tetap dipertahankan jika disimpan dalam lemari es. Caranya tidak membuat buah saling bersentuhan satu sama lain. Misalnya saja bungkus tiap buah dengan kertas roti.

5. Bungkus selada dengan tisu dapur

Selada akan tetap segar dan renyah selama seminggu jika dibungkus dalam tisu dapur. Kelembaban berlebih bisa terserap dalam tisu dan tidak menyebabkan daunnya layu.

6. Simpan wortel dalam pasir

Ahli kebun merekomendasikan penyimpanan wortel di pasir. Sebab pasir mengurangi penguapan air dan memperlambat pembusukan.

7. Simpan madu dalam gelas kaca

Madu bisa mempertahankan kandungannya selama bertahun-tahun. Tapi penting untuk menyimpannya dengan benar. Wadah paling tepat adalah gelas kaca gelap dengan tutup rapat. Wadah berbahan logam atau enamel tidak cocok untuk madu karena membuatnya teroksidasi.

8. Simpan bawang bombay dalam wadah air

Bawang bombay bisa segar lebih lama jika ditaruh dalam wadah berisi air. Potong bawang bombay yang diperlukan dan ini menjaga bawang tetap tumbuh.

9. Simpan keju cottage atau sour cream dalam kondisi terbalik

Keju cottage dan sour cream akan tetap segar dua kali lipat lebih lama jika ditaruh dalam lemari es dalam posisi terbalik. Ini akan membuat sebuah vakum didalamnya yang mencegah bakteri tumbuh.

10. Simpan herba dalam gelas

Gelas kaca merupakan terbaik untuk menyimpan herba. Bawang bombay, bawang putih atau peterseli akan tetap baik rasanya selama sebulan ketika disimpan dengan cara ini. Herba tidak akan layu, kering atau hilang aroma jika disimpan seperti ini.

Itulah 10 tips dan trik agar bahan makanan lebih awet. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN