4 Cara Mencegah Berkaratnya Perabot Berbahan Besi – Semakin berkembangnya gaya-gaya hunian pada rumah, memberikan dampak pada pengapdopsian desain perabotnya juga. Perabot berbahan logam juga menjadi salah satunya, tetapi perabot berbahan logam biasanya mudah berkarat jika tidak dirawat, lantas bagaimana cara mencegah furnitur berbahan besi menjadi berkarat?

Baca Juga :


Berikut 4 cara mencegah berkaratnya perabot berbahan besi :

1. Mengecat Besi
Salah satu cara mencegah berkaratnya furnitur atau perabot adalah dengan mengecatnya. Dan ada baiknya jika cat yang digunakan adalah cat yang mengandung zat anti-karat, dan untuk memperolah hasil yang maksimal, disarankan jika pengecatan yang dilakukan pada furnitur setidaknya 2 lapisan.

2. Mengolesi Besi Dengan Minyak / Oli
Minyak atau oli umumnya bersifat anti-air yang dimana air sulit melepaskan minyak yang menempel pada suatu benda termasuk besi, maka minyak bisa menjadi bahan untuk mencegah besi berkarat, tetapi sebaiknya gunakan cara ini pada bagian besi yang letaknya tersembunyi.

3. Melapisi Besi Dengan Timah
Timah merupakan logam yang mempunyai ketahanan tinggi terhadap karat, maka melapisi besi dengan timah keseluruh permukaan besi dapat mengurangi resiko terjadinya korosi, tetapi sayangnya jika lapisan timah tergores sedikit saja, besi justru akan cepat berkarat.

4. Melapisi Besi Dengan Kromium
Logam lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya perkaratan pada besi adalah kromium, proses pelapisan besi dengan memakai pelapis krom yang biasanya disebut comium plating. Dan teknik ini dikerjakan dengan cara elektroris dan akan menghasilkan permukaan yang mengkilap, dan bahkan jika mengalami kerusakan, perlindungan kromium terhadap besi akan tetap berlangsung.

BAGIKAN