4 Fakta Seputar Kerokan Yang Wajib Kamu Ketahui – Kerokan sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Setiap kali seseorang masuk angin, kerokan selalu menjadi salah satu solusinya. Bahkan banyak yang mengganggap kerokan lebih efektif untuk mengatasi masuk angina daripada obat-obatan.

Nah, perlu diketahui, kerokan sebenarnya berasal dari China loh. Di China kerokan lebih dikenal dengan sebutan teknik gua sha. Nah, bagi kamu yang gemar kerokan, terdapat beberapa fakta seputar kerokan yang wajib kamu ketahui loh. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 4 fakta seputar kerokan yang wajib kamu ketahui

4 Fakta Seputar Kerokan Yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat kerokan

Seperti yang kita tahu, kerokan dapat mengatasi masuk angina. Nah sebenarnya manfaat kerokan adalah memperlancar sirkulasi darah pada tubuh. Karena aliran darah pada tubuh kembali lancar, berbagai penyakit ringan hingga berat bisa disembuhkan oleh kerokan.

Umunya kerokan dapat menyembuhkan otot atau tubuh yang sedang sakit atau tegang. Tak hanya itu saja, kerokan juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Rasa yang kurang nyaman

Bagi sebagian orang, kerokan terasa kurang nyaman karena menyakitkan. Masyarakat Indonesia umumnya menggunakan koin untuk kerokan. Setelah kerokan selesai, tentu akan ada bekas memar pada kulit yang rasanya cukup menyakitkan. Sebenarnya teknik gua sha yang asli tidak membuat orang merasa kesakitan loh.

Memiliki resiko

Kerokan juga memiliki resiko yang bisa terbilang cukup berbahaya loh. Salah satunya adalah pembengkakan pada pembuluh darah atau bahkan pecah. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kompres pada bagian memar setelah kompres agar memar cepat hilang. Tak hanya itu saja, pastikan bahwa alat yang dipakai untuk kerokan selalu steril.

Tidak cocok bagi semua orang

Perlu diketahui, kerokan tidak selalu cocok bagi semua orang loh. Bagi mereka yang memiliki kulit yang tipis, memiliki infeksi kulit, mudah berdarah, atau bagi mereka yang meminum obat untuk mengencerkan darah, sebaiknya hindari metode kerokan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah 4 fakta seputar kerokan yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN