5 Fakta Menarik Tentang Tradisi Minum Teh Jepang – Budaya minum teh Jepang tak hanya terkenal di Jepang saja loh. Bahkan saat ini budaya minum teh Jepang sudah menyebar ke berbagai negara-negara di Asia maupun di dunia. Di Jepang sendiri, budaya minum teh menjadi salah satu budaya paling terkenal.

Mulai dari sejarah, proses pengolahan sampai tata cara mengonsumsi teh memiliki ciri khas tersendiri di Jepang. Nah, untuk itu kami merangkum 5 fakta menarik tentang tradisi minum teh Jepang. Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 5 fakta menarik tentang tradisi minum teh Jepang

Sejarah

Awal mula budaya minum teh Jepang sudah berlangsung sejak 1.000 tahun yang lalu di China. Awalnya upacara minum teh dilakukan oleh para biksu Buddha. 5 abad kemudian barulah upacara minum teh menjadi bagian dari budaya Jepang.

Budaya minum teh Jepang yang mengakar

Anak-anak di Jepang sudah dikenalkan dengan teh Jepang sedari kecil. Biasanya teh yang populer di kalangan anak-anak adalah Houjicha, sejenis teh sencha yang sudah melalui proses pemanggangan sehingga kafein yang tersisa sedikit dan ringan diminum.

Budaya minum teh Jepang juga sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Tak hanya itu saja, upacara minum teh Jepang juga menjadi bentuk penghormatan bagi tamu yang sedang datang berkunjung.

Jenis-jenis teh di Jepang

Jepang sendiri terkenal akan banyaknya jenis-jenis teh yang ada. Totalnya terdapat 20 jenis teh yang ada di Jepang. Meski dari tanaman yang sama, namun proses yang beraneka ragam membuat rasa, aroma dan nama teh menjadi berbeda-beda.

Beberapa jenis teh yang terkenal di Jepang adalah sencha, matcha, bancha, gyokuro, houjicha, dan genmaicha.

Proses pengolahan yang unik

Teh di Jepang tidak mengalami fermentasi. Proses pengolahannya juga cukup unik dan berbeda dengan pengolahan teh di negara lain. Dimulai dengan pemetikan pucuk teh, kemudian dikukus, didinginkan, digiling dengan tangan dan terakhir dikeringkan.

Nah, untuk teh-teh Jepang yang memiliki aroma dan rasa yang berbeda-beda adalah karena proses tambahan pada saat pengolahan seperti dipanggang atau pada saat penanaman, tumbuhan teh ditutup dengan plastik.

Cita rasa teh Jepang

Tak diragukan lagi, teh Jepang merupakan salah satu jenis teh yang paling nikmat di dunia.  Tak hanya nikmat, teh Jepang juga bisa memberikan efek menyegarkan dan relaksasi bagi peminumnya. Untuk cita rasa sendiri beragam-ragam, mulai dari pahit, manis, hingga umami (gurih).

Itulah 5 fakta menarik tentang tradisi minum teh Jepang. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN