5 Manfaat Yang Dapat Dirasakan Dari Terapi Ikan Untuk Kesehatan –¬†Terapi ikan adalah salah satu terapi yang sudah lumayan terkenal di daerah asia, bahkan tidak sedikit orang luar juga sudah mempercayai khasiat dari terapi alternatif ini. Cara kerja terapi ikan adalah dengan memanfaatkan ikan sebagai hewan yang memakan racun atau kotoran pada tubuh dan akan membiarkan ikan memakan dibagian kaki maupun tangan.

Jenis ikan yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, jenis ikan yang digunakan adalah ikan Gara Rufa yang merupakan ikan yang berasal dari Turki dan bisa juga ikan nilem yang bisa didapatkan sendiri di Indonesia. Lantas apa saja manfaat dari terapi ikan untuk kesehatan?

Baca Juga :


Berikut 5 manfaat yang dapat dirasakan dari terapi ikan untuk kesehatan :

1. Menenangkan Pikiran
Pikiran anda akan menjadi rilex dan nyaman ketika sedang menjalani terapi ikan, karena ikan yang mengigiti atau menggerogoti kaki anda akan menimnulkan rasa nyaman, dan ketika kaki anda menyentuh air, maka hawa tubuh anda tidak lagi panas dan akan membuat pikiran anda menjadi dingin dan rilex. Sangat cocok untuk menghilangkan stress.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati
Terapi ikan juga dapat mengangkat sel kulit mati pada area kulit yang anda masukkan kedalam air. Ikan akan membantu memakan sel kulit mati, selain merasa segar, anda tidak lagi usah khawatir dengan kulit kaki yang busik maupun kering dan kulit tangan yang kusam, terapi ikan juga dapat menjaga kebersihan kulit anda.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Tidak bisa dipungkiri lagi dan bukan merupakan rahasia lagi bahwa kaki merupakan pusat dari aliran darah. Bagi para pengobat alternatif, kaki adalah kunci dari penyembuhan dan tentu tidak terkecuali terapi ikan. Dengan gigitan ikan dipercaya akan melancarkan peredaran. Maka jika anda sering mengalami pusing pusing, ada baiknya mencoba terapi ikan bagi kesehatan anda.

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Masalah tidur bisa terjadi pada setiap orang baik dari anak-anak hingga orang dewasa yang disebabkan lelah otot maupun tekanan pada syarat yang membuat tidur menjadi kurang nyenyak. Jika anda juga termasuk salah satu orang yang mengalami masalah tidur seperti itu, ada baiknya jika anda mencoba terapi ikan untuk pengobatan, karena gigitan lembut dari ikan bersifat seperti pijatan yang dimana membuat tubuh menjadi terasa lebih segar dan nyaman.

5. Menurunkan Berat Badan
Point ke 5 ini masih belum tentu benar, tetapi banyak orang percaya terapi ikan dapat menurunkan berat badan kaarena pijatan dari gigitan ikan yang lembut membuat sistem tubuh berjalan dengan lancar, dan ini yang membuat banyak orang meyakini bahwa terapi ikan dapat menurunkan berat badan, tidak salahnya mencoba kan?

Itulah 5 manfaat yang dapat dirasakan dari terapi ikan untuk kesehatan

BAGIKAN