5 Tips Atasi Rasa Gugup Saat Presentasi – Bagi sebagian orang, presentasi merupakan sebuah momok yang sangat ditakuti. Menurut Wall Street Journal, berbicara di depan umum merupakan hal yang paling ditakuti masyarakat Amerika. Bahkan rasa takut ini mengalahkan ketakutan akan meninggal dunia.

Rasa takut berbicara di muka umum muncul karena perhatian banyak orang yang tertuju pada apa yang kita lakukan dan ucapkan. Jika melakukan kesalahan sedikit, kita takut merasa malu atau dipermalukan di depan banyak orang.

Padahal presentasi merupakan hal penting yang harus dilakukan dengan baik dan menarik. Mengapa? Presentasi adalah media penghubung antara apa yang ingin kita sampaikan kepada publik. Terlebih bila dalam dunia kerja, presentasi menentukan keberhasilan sebuah kerja sama. Kalau kita tidak bisa terlihat meyakinkan dengan cara presentasi yang baik, bagaimana orang bisa percaya dengan apa yang akan kita utarakan?

Gugup sebelum tampil di depan umum sangatlah wajar asalkan tidak berlebihan dan mengganggu performa presentasi. Untuk yang punya masalah dengan rasa percaya diri dan mudah merasa gugup saat berbicara di depan banyak orang, semoga trik yang dikasih kali ini bermanfaat ya…

Kuasai Materi Presentasi

Materi presentasi yang meyakinkan adalah materi yang kamu persiapkan dengan matang. Dengan mempelajari isi materi maka kamu akan menguasainya dan dengan mudah mempresentasikan di depan umum. Pastikan pula materi yang kamu buat sesuai dengan target penonton.

Jangan terpaku menjelaskan tiap detail materi karena akan sangat membosankan. Cukup berikan penjelasan dasarnya secara padat dan berisi. Untuk membuat bahan presentasimu menarik, berikanlah sesi pertanyaan kepada penonton untuk turut serta masuk ke dalam diskusi. Dengan begini, kamu akan mendapat banyak masukan baru serta materi yang kamu beri terlihat lebih meyakinkan.

older man working on computer in small modern offi
older man working on computer in small modern offi

Latihan Bicara Sebelum Presentasi

Rasa gugup muncul karena kita tidak terbiasa berbicara di depan banyak orang. Atasi rasa gugupmu dengan melakukan latihan semalam sebelum presentasi digelar. Cobalah bicara di depan cermin seolah kamu sedang berbicara di depan umum. Hindari menghapal isi materi karena membuat presentasi menjadi kaku. Kalau perlu, ulangi terus-menerus latihan berbicara hingga kamu cukup percaya diri untuk menyampaikannya secara natural tanpa harus membaca di secarik kertas.

rehearsal

Persiapan

Jika kamu sudah yakin dengan materi presentasi, maka kamu pun perlu mempersiapkan beberapa hal pendukung lainnya. Mulai dari pakaian, pakailah busana yang membuatmu nyaman dan hindari salah kostum. Datanglah ke tempat presentasi lebih awal untuk menyiapkan peralatan presentasi dan segala cadangannya bila alat yang digunakan tidak berfungsi dengan baik. Terakhir, persiapkan penjelasan akan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan penonton saat presentasi berlangsung. Dengan begini, kamu akan menjalani presentasi dengan lebih ringan.

Nothing’s Perfect

Jangan mengharap kesempurnaan dari presentasimu karena jika kamu berharap terlalu tinggi itu akan membuatmu terasa terbebani. Rasa beban ini nanti akhirnya mempengaruhi caramu menyampaikan materi dan membuatmu jadi lebih gugup. Lakukanlah presentasi dengan santai. Kesalahan berbicara bisa saja terjadi dan itu sangatlah normal. Jangan buat takut melakukan kesalahan menjadi batu sandungan untuk menunjukkan presentasi yang baik.

0519-0908-0820-3533_close_up_of_a_man_making_a_point_during_a_speech_microphone_and_podium_in_view_o1-825x549

Tenangkan Diri

Gugup merupakan efek psikologis yang disebabkan adrenalin dalam tubuhmu. Sesaat menjelang presentasi, tenangkanlah dirimu dengan berbagai cara. Misalnya, dengan menarik napas panjang dan minum banyak air putih untuk menjernihkan pikiran dari rasa gugup. Sedangkan selama presentasi, cobalah untuk berjalan sedikit, tersenyum, atau melakukan kontak mata dengan penonton. Bicaralah dengan tenang dan jangan terburu-buru ketika menjelaskan materi agar kamu tidak kelelahan bicara.

a business man working at office
a business man working at office

Jika kamu bisa mengikuti trik tersebut di atas dan mengontrol diri dengan lebih baik, yakin para penoton akan mengakhiri presentasimu dengan tepuk tangan dan senyum yang puas.

BAGIKAN