5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius – Tahukah kamu bahwa api merupakan salah satu elemen yang tidak abadi? Hal ini lantaran elemen api tidak bisa ada tanpa dipicu oleh sesuatu. Namun di beberapa tempat di dunia ini ada api yang menjadi abadi loh. Kira-kira mengapa dan apa sebabnya ya? Daripada penasaran, yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 5 ulasan tentang api abadi yang misterius

Door to Hell – Derweze, Ahal, Turkmenistan

5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius

Dilihat dari namanya saja sudah terasa mengerikan. Ya, sesuai dengan namanya, kobaran api yang ada disini cukup luas dan membentuk lingkaran besar. Awal mula munculnya api abadi ini adalah peristiwa kegagalan survei geografis oleh tim geologi asal Rusia pada tahun 1971.

Para ilmuwan ini awalnya mencari gas alam. Setelah ditemukan lokasinya, pengeboran pun dilakukan. Namun siapa sangka, ternyata pengeboran tersebut membuat tanah di lokasi tersebut menjadi tidak stabil dan menyebabkan longsor. Karena takut gas alam tersebut membahayakan warga di sekitar, para ilmuwan tersebut memutuskan untuk membakar gas tersebut dan muncullah api abadi hingga saat ini.

Burning Mountain – Wingen, New South Wales, Australia

5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius

Tak ada yang tahu pasti mengenai asal mula api abadi yang satu ini. Namun dikatakan bahwa api abadi ini sudah berusia 6000 tahun sampai sekarang. Api tersebut berasal dari batu bara yang terletak di bawah tanah dan terbakar akibat sambaran petir.

Api abadi ini terus berkobar dan meluas sebesar 1 meter setiap tahunnya. Sampai saat ini, terhitung api abadi ini sudah meluas sebesar 6km dari posisi pertama kali ditemukan.

Chestnut Ridge Park – Orchard Park, New York, AS

5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius

Api abadi yang satu ini bisa dibilang yang tercantik. Hal ini lantaran letaknya yang berada di dekat air terjun. Lebih tepatnya, api abadi ini berada di belakang air terjun. Meski begitu, api ini tetap menyala sampai sekarang.

Diceritakan api abadi ini dinyalakan oleh pribumi Amerika ribuan tahun yang lalu. Uniknya, para peneliti sampai sekarang masih tidak mengetahui mengapa api ini bisa bertahan sampai sekarang.

Baba Gurgur – Kirkuk, Irak

5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius

Dikenal sebagai lapangan minyak terbesar di dunia, kamu bisa menyaksikan kobaran api yang besar di tengah lapangan minyak yang terletak di Irak ini. Api abadi tersebut dinamai “Api Abadi Baba Gurgur”.

Api abadi ini berasal dari gas alam yang keluar melalui bebatuan. Diperkirakan, api abadi ini sudah ada sejak 4000 tahun lalu. Namun kamu harus berhati-hati jika ingin melihat api abadi ini karena api ini menghasilkan gas sulfida hydrogen yang sangat berbahaya.

Chimera – Kumluca, Antalya, Turki

5 Ulasan Tentang Api Abadi Yang Misterius

Api abadi yang terletak di kota Antalya, Turki ini dikenal dengan sebutan Chimera, makhluk mitologi Yunani. Api ini dikatakan sudah berkobar sejak 2000 tahun yang lalu. Beberapa ilmuwan mengatakan sumber api abad ini adalah dari gas metana dari bebatuan sekitar.

Itulah 5 ulasan tentang api abadi yang misterius. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN