7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Menjadi Atasan Yang Baik – Dalam dunia kerja, Atasan yang baik dan menginspirasi sangat diperlukan dalam setiap kantor. Namun tidak semua atasan mampu bertindak dan bekerja sebagai atasan yang baik di kantor.

Namun terkadang atasan juga kerap dipandang sebagai musuh karena tugas-tugas yang diberikan. Nah, hal ini perlu diluruskan. Usahakan jangan sampai hubungan kerja menjadi tidak harmonis karena dampaknya bisa sangat fatal.

Baca Juga :


Berikut 7 Hal yang harus dilakukan agar menjadi atasan yang baik

1. Jujur

Jujur merupakan hal utama yang wajib dilakukan sebagai atasan. Meminta maaf dan mengakui kesalahan juga wajib dilakukan pada siapa saja meskipun itu anak buah anda sendiri.

Jika kesalahan dilimpahkan terus menerus ke anak buah, mereka pasti akan menjauh. Jika memungkinkan, anda bahkan dapat pasang badan jika bawahan anda berbuat salah jika kesalahannya kecil. Dengan begitu, bawahan anda akan sadar dan segan kepada atasannya.

2. Tegas

Anda juga harus bertindak tegas. Tegas disini bukan berarti anda harus keras dan kasar terhadap bawahan anda. Atasan harus tegas dalam setiap keputusan dan kebijakan perusahaan.

Ketika bawahan melakukan kesalahan, anda dapat jujur dan tegur langsung dengan tegas. Jangan karena takut akan adanya konflik, akhirnya kesalahan bawahan di biarkan.

3. Komunikatif dan Terbuka

Dalam dunia kerja, komunikasi yang terbuka sangatlah penting. Dari sisi atasan, sikap komunikatif dan terbuka akan mendekatkan hubungan anda dengan bawahan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja bawahan agar lebih produktif lagi.

4. Konsisten

Konsistensi sikap juga diperlukan, antara lain saat memberikan tugas. Pikirkan dengan baik tugas yang akan diberikan sebelum mendelegasikannya kepada anak buah. Konsistensi juga bisa ditunjukkan dari seberapa teguh seorang atasan menjalankan program atau kebijakan perusahaan.

5. Jangan terlalu dekat dengan bawahan

Kedekatan antara bawahan dengan atasan harus dibatasi dalam lingkup profesionalitas. Sebisa mungkin hindari curhat tentang hal pribadi. Hindari juga pertemanan tapi mesra karena dapat mempengaruhi performa kerja.

6. Jangan otoriter

Pastikan gaya kepemimpinan anda tidak bersifat otoriter. Sikap sewenang-wenang atasan terhadap bawahan sama sekali tidak dianjurkan. Setiap pendapat bawahan perlu didengar juga. Jangan bersikap seolah-olah anda yang terhebat.

7. Bagi waktu dengan baik

Sebagai atasan, jangan samakan beban kerja anda dengan bawahan. Sebagai orang dengan jabatan lebih tinggi, anda dituntut untuk bekerja lebih keras dan ekstra.

Bila memang mendesak, Anda minta bantuan anak buah di luar jam kerja. Namun jangan lupa terangkan pentingnya tugas itu, dan berikan reward yang pantas agar mereka merasa dihargai.

Itulah 7 hal yang harus dilakukan agar menjadi atasan yang baik. Semoga bermanfaat

BAGIKAN