7¬†Startup Teknologi Yang Sedang Booming di Medan –¬†Perkembangan Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan.

Dan saat ini, startup teknologi di Indonesia masih di dominasi oleh kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Tapi hal itu tidak menutup kemungkinan daerah lain untuk mengembangkan startup teknologi.

Untuk Medan sendiri saat ini sedang booming startup teknologi. Dari sisi SDM di Medan memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena banyaknya Universitas dan Perguruan Tinggi bidang komputer yang top di Medan.

Berikut 7 Startup Teknologi yang sedang booming di Medan.

  1. Paprika

Paprika adalah aplikasi cashback point. Layanan yang ditawarkan paprika adalah memberikan cashback point 10 persen di restoran yang bekerja sama dengan Paprika. Semakin banyak pelanggan melakukan transaksi di sejumlah restoran yang menjadi mitra, maka akan semakin banyak pula pengguna mendapatkan poin. Nantinya, pengguna bisa mendapatkan potongan harga sesuai dengan jumlah poin tersebut. Untuk saat ini layanan paprika baru tersedia untuk restoran-restoran di daerah Medan.

Paprika sediri baru resmi dioperasikan pada Juli 2015 kemarin. Startup ini masih mengandalkan dana operasional dari kantong pribadi atau bootstrap tanpa adanya investor.

2. Deal Medan

download

Anwar Yunus adalah pendiri Deals Medan. Deals Medan adalah konsep layanan website daily deals seperti groupon yang menawarkan diskon tiap harinya. Deals Medan dikembangkan pada bulan April tahun 2013 lalu dengan menggandeng beberapa rekan seperjuangan waktu berkuliah, Anwar mulai mengembangkan DealMedan mulai dari nol.

DealMedan kini dikatakan telah mengusai pasar daily deal khusus di wilayah Medan dan sekitarnya. Tercatat setidaknya lebih dari 500 promo telah diselenggarakan via DealMedan. Ada sekitar 30 ribu member bergabung dan menghasilkan 20.000 pageview per hari.

3. Kuliner Medan

Satu lagi startup yang menggunakan pangsa kuliner adalah kuliner Medan, Sang pendirinya adalah Indra Halim. Kuliner Medan sendiri adalah sebuah direktori kuliner berbasis website dimana orang-orang bisa mencari restoran dan kuliner di Medan dengan mudah. Hingga kini, website KulinerMedan mendapat sekitar 100.000 pageview per bulannya. Yang paling mengesankan KulinerMedan telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata Indonesia dalam bidang Creative Entrepreneur tahun 2013 lalu.

4. Indotiki

DSC_0080

Dari bidang transportasi terdapat Indotiki yang menjadi startup asli dari medan. Mengikuti tren yang sedang booming di Indonesia, Indotiki menjadi salah satu startup yang booming di Medan. Dengan motto mudah dan efisien, Ojek online yang satu ini berhasil memikat pengguna dengan 3 layanan utamanya yaitu Indotiki-Food, Indotiki-Ojek dan Indotiki-Kurir.

Indotiki juga sudah resmi beroperasi di 2 kota besar di Indonesia yaitu Medan dan Batam. Indotiki juga berencana untuk memperluas lagi wilayah operasi di kota-kota besar lainnya.

5. Rumahdewi

us-iphone-1-rumahdewi

Rumahdewi merupakan situs iklan properti online asli buatan anak Medan. Rumahdewi menawarkan pencarian rumah / properti dengan mudah melalui website rumahdewi.com ataupun melalui aplikasi rumahdewi. Aplikasi rumahdewi sendiri sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Rumahdewi bukan hanya menjadi sarana iklan properti di kota Medan saja melainkan seluruh Indonesia. Rumahdewi juga menjadi alternatif bagi kalangan yang ingin mencari properti dengan cepat dan aman.

6. Cek info
Berbeda dengan startup sebelumnya yang berbicara tentang kuliner, Cek Info adalah sumber informasi dan referensi bisnis untuk usaha skala kecil hingga perusahaan skala nasional yang menggunakan teknologi internet. Cekinfo berisi informasi lengkap berupa nama, alamat, telepon, email, website, lokasi, gambar dari usaha skala kecil hingga perusahaan nasional. Cekinfo membantu mencari informasi bisnis secara mudah dan fleksibel oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Startup ini mengklaim sudah mempunyai lebih dari 50.000 perusahaan terdaftar yang tersebar di seluruh kota di Indonesia

7. Cerita Medan
Aplikasi Cerita Medan ini dibuat dibawah bendera onCoding dan Cerita Medan. Tujuan mengembangkan aplikasi ini adalah untuk memudahkan orang Medan dan wisatawan yang datang ke Medan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan saat berkeliling di kota Medan

Aplikasi ini merupakan sebuah direktori dari kota Medan, terdapat fitur seperti tempat belanja, Kuliner, Oleh-Oleh, Souvenir, Hiburan dan layanan umum seperti bandara, stasiun kereta api, PDAM, PLN dan lainnya. Halaman direktori tersebut terdiri dari gambar, telepon, web, instagram, twitter, alamat dan deskripsi singkat usaha Anda. Informasi sederhana ini akan sangat bermanfaat bagi para penikmat kota Medan.

Saat ini Cerita Medan membuka peluang bagi yang ingin usaha/bisnis Anda terbit di bagian direktori. Syaratnya adalah bisnis Anda harus memiliki produk/jasa tertentu dan masuk dalam salah satu kategori.
Harga yang ditawarkan adalah Rp. 120.000/tahun untuk tampil di Direktori dan Rp. 50.000/minggu untuk tampil di Slide Show tampilan halaman awal.

Itulah 7 Startup teknologi yang sedang booming di Medan.

Baca Juga : Intel Turunkan Harga Prosesor Untuk Saingi AMD Ryzen

BAGIKAN