Tidak bisa dipungkiri, internet banyak berpengaruh dalam gaya hidup masyarakat dan menciptakan trend-trend baru. Belanja online menjadi salah satu trend yang tercipta dari perkembangan teknologi internet yang begitu pesat.

Bagi yang sering berbelanja online, pastinya sudah merasakan begitu banyak keuntungannya, mulai dari bisa belanja kapan dan di mana saja lewat smartphone, tidak perlu repot-repot datang langsung ke pusat perbelanjaan, hingga bisa berbelanja dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Namun tidak sedikit pula orang yang merasa takut untuk berbelanja online karena tidak bisa bertemu langsung dengan penjual. Berangkat dari sini lah, marketplace seperti Tokopedia diciptakan sebagai platform jual-beli online yang lebih aman dan nyaman bagi pembeli ataupun penjual. Selain itu, pilihan produk yang ditawarkan pun lebih banyak, karena penjualnya datang dari seluruh nusantara.

Berikut 5 alasan mengapa belanja online di marketplace lebih aman dan menyenangkan.

1. Rekening bersama meminimalisir tindak penipuan

Salah satu keunggulan marketplace yang menjadi pembeda dari platform jual-beli online lainnya yakni adanya sistem rekening bersama. Dengan sistem yang sering juga dikenal dengan escrow ini, keamanan pembeli ataupun penjual sama-sama terjamin. Dalam hal ini, penjual baru akan menerima notifikasi pesanan baru setelah dana pembeli masuk ke rekening bersama.

Dari sisi pembeli pun sudah pasti aman karena dana baru akan diteruskan ke penjual setelah pembeli menerima pesanan yang dikirim oleh penjual. Pembeli juga tidak perlu khawatir jika penjual beritikad buruk tidak mengirim produk, karena jika hal tersebut terjadi, dana akan kembali sepenuhnya ke pembeli.

2. Ada pihak ketiga yang menjadi penengah saat terjadi masalah transaksi

Takut mengalami kendala saat bertransaksi dengan penjual secara online? Kamu tidak perlu khawatir karena jika berbelanja di marketplace, akan ada pihak ketiga, dalam hal ini marketplace bersangkutan, yang membantu menjadi penengah.

Pembeli bisa berdiskusi dengan penjual untuk sama-sama mencari “kata sepakat”. Bagaimana jika penjual tidak merespon komplain pembeli? Tenang saja, karena pembeli bisa klik tombol “Bantuan” dan Customer Care Tokopedia akan selalu siap untuk membantu memberi solusi akhir penyelesaian masalah transaksi berdasarkan bukti-bukti yang sudah dikirim oleh pembeli dan penjual.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika mengalami masalah transaksi seperti produk tidak kunjung tiba, produk yang dikirim tidak sesuai, rusak, dan sebagainya. Di Pusat Resolusi Tokopedia, semua masalah transaksi beres. Jangan lupa klik tombol “Bantuan” jika tidak ada respon dari penjual atau belum menemukan kesepakatan setelah berdiskusi ya.

3. Produk lebih bervariasi

Apapun yang kamu cari, ada di Tokopedia! Yup, kelebihan lain dari marketplace seperti Tokopedia adalah produk yang tersedia lebih bervariasi, bahkan lengkap. Wajar saja, karena ada jutaan produk yang terkumpul di ribuan kategori di Tokopedia. Beli baju tidak perlu lagi ke butik; beli smartphone tidak perlu lagi ke counter smartphone; beli bibit bunga tidak perlu lagi ke toko bunga; karena di Tokopedia semuanya ada.

Jadi saat membutuhkan sesuatu, tinggal akses Tokopedia, dan ketik nama produk yang kamu cari atau cari berdasarkan kategori. Tidak perlu repot dan capek-capek keluar rumah lagi, belanja bisa lewat smartphone.

4. Banyak penjual, kamu bisa bebas membandingkan harga

Kenapa produk di marketplace lebih bervariasi? Salah satu alasannya karena produk-produk dijual oleh banyak penjual dari seluruh nusantara. Selain membuat produk jadi lebih bervariasi, banyaknya penjual di marketplace juga memudahkan kamu untuk membandingkan harga produk yang kamu inginkan.

Bahkan di Tokopedia sendiri, kamu bisa mem-filter hasil pencarian produk berdasarkan harga termurah. Tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan review produk tersebut ya. Jangan hanya tergiur pada harga murahnya saja, tapi kamu juga harus jeli melihat kredibilitas penjual yang bersangkutan.

5. Bisa melihat review dari pembeli lain yang terpercaya

Produk-produk yang ada di marketplace bukan dijual oleh marketplace yang bersangkutan, namun oleh ratusan ribu penjual yang membuka toko di sana. Maka dari itu, marketplace khususnya Tokopedia menyediakan fitur sistem reputasi dan ulasan untuk memudahkan pembeli memilih toko yang terpercaya.

Dengan sistem ini, pembeli yang sudah pernah berbelanja di toko yang bersangkutan bisa memberi ulasan terkait kualitas dan akurasi produk, serta pelayanan penjual. Ulasan yang muncul di halaman produk ini bisa dilihat oleh pembeli lain dan menjadi acuan mereka untuk membeli produk tersebut. Belanja jadi lebih mudah dan nyaman bukan?

Nah itulah 5 alasan mengapa belanja online di marketplace seperti Tokopedia lebih aman, mudah, dan menyenangkan. Jadi, apakah kamu sudah menemukan tempat belanja online favoritmu?

sumber : tokopedia.com

BAGIKAN