Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Nego Gaji Saat Interview – Banyak yang mengatakan bahwa fresh graduate tidak perlu memikirkan soal besaran gaji. Yang terpenting adalah pengalaman dan kepastian diterima kerja. Namun sebenarnya tidak ada salahnya bagi seorang fresh graduate untuk mencoba menegosiasikan masalah gaji.

Bisa saja kamu akan merasa canggung dan sedikit bingung karena baru pertama kalinya terjun langsung ke dunia kerja. Nah, setidaknya terdapat 4 hal yang harus kamu ketahui tentang nego gaji saat interview. Penasaran? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut hal yang harus kamu ketahui tentang nego gaji saat interview

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Nego Gaji Saat Interview

Ketahui berapa gaji rata-rata

Nah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah cari tahu dahulu berapa standar gaji dari pekerjaan kamu. Kamu bisa menanyakan pada teman atau kerabat yang kerja pada bidang yang sama.

Sekarang juga terdapat website yang bisa memberikan informasi berupa besaran gaji dari setiap jenis pekerjaan seperti qerja.com, karir.com, atau gajimu.com. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah gaji yang ditawarkan oleh calon perusahaan tempat kamu bekerja sudah sesuai standar atau belum.

Tonjolkan kelebihanmu

Apabila yang menginterview anda tampak terbuka dalam menegosiasikan gaji, jangan ragu untuk mengambil kesempatan tersebut. Namun kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki kelebihan yang berguna bagi perusahaan.

Pada saat bernegosiasi, pastikan kamu melakukannya dengan penuh hormat, bijaksana, sopan dan tidak bersifat sombong atau angkuh. Tidak peduli sepintar apapun kamu, pada akhirnya attitude yang baiklah yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Jangan mengatakan alasan personal

Pada saat bernegosiasi, jangan pernah meminta gaji yang lebih tinggi dengan alasan personal. Bisa dibilang itu merupakan kesalahan paling fatal. Perusahaan tidak peduli dengan masalah keuangan pribadi kamu. Diluar sana bahkan masih banyak pilihan kandidat yang mau dibayar tidak lebih besar dari yang kamu ajukan.

Sebaiknya lebih fokuslah pada apa yang bisa kamu tawarkan atau kontribusi kepada perusahaan tersebut.

Pertimbangkan benefit lain

Interview pekerjaan tidak selalu gaji saja loh yang harus diperhatikan. Apabila perusahaan tempat kamu interview tidak bisa memberikan gaji dengan besaran yang kamu tawarkan, janganlah langsung berkecil hati.

Sebab masih terdapat benefit lain yang bisa kamu dapatkan loh. Seperti asuransi kesehatan, kepegawaian, jatah libur, jam kerja atau bahkan uang makan dan uang transportasi. Cukup menguntungkan bukan?

Itulah hal yang harus kamu ketahui tentang nego gaji saat interview. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN