25 Manfaat dan Khasiat Konsumsi Ikan Kakap untuk Kesehatan Tubuh – Bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan, mengkonsumsi ikan, salah satunya adalah ikan kakap, merupakan hal yang lumrah dilakukan karena ikan banyak dijual di pasaran. Ikan kakap, yang hidup secara berkelompok, biasanya hidup di dasar karang atau terumbu karang. Meskipun memiliki berbagai jenis, seperti ikan kakap merah dengan nama latin lutjanus campechanus, kakap ekor kuning dengan nama latin ocyurus chrysurus, kakap hitam dengan nama latin macolor niger, dan kakap putih dengan latin lates calcarifer bloch, namun ikan kakap memiliki manfaat dan khasiat yang sama di mana kandungan gizi dalam ikan kakap dipercaya sangat baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

Mengkonsumsi ikan laut seperti ikan kakap sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh karena banyak gizi yang terkandung di dalam ikan kakap. Secara umum dalam 100 gram daging ikan kakap memiliki kandungan energi sebesar 92 kilokalori, protein 20 gram, lemak 0.7 gram, kalsium 20 mg, fosfor 200 mg, zat besi 1 mg, vitamin A 30 IU dan vitamin B1 0.05 mg.

Selain kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, ikan kakap juga memiliki berbagai zat, seperti selenium, kalium dan omega-3, yang sangat berguna untuk menjaga tubuh dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Selenium

Dalam setiap 100 gram daging ikan kakap merah yang dimasak mengandung hampir 70 persen dari jumlah kebutuhan selenium, yang dapat mendukung fungsi sel darah putih yang diperlukan kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan benar, yang direkomendasikan setiap hari untuk pria dan wanita dewasa yang mengikuti diet 2.000 kalori. Selenium merupakan antioksidan, di mana kekuatan nya dapat ditingkatkan ketika dikombinasikan dengan sumber vitamin E, yang dapat mencegah senyawa radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan DNA yang dapat mendatangkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Untuk meningkatkan kekuatan antioksidan selenium ini, sajikan ikan kakap merah dengan makanan tinggi sumber vitamin E seperti asparagus, kentang manis atau gelap, bayam atau bit hijau.

Vitamin A

Dalam setiap 3 ons daging ikan kakap merah yang dimasak mengandung kebutuhan vitamin A yang direkomendasikan untuk wanita dewasa sebesar 14 persen dan 10.8 persen bagi seorang pria. Mengkonsumsi vitamin A, penting untuk sistem kekebalan tubuh dan sel reproduksi serta diferensiasi, produksi dan pemeliharaan tulang, kesehatan kulit dan mata, dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan risiko terkena gangguan mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A merupakan nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan untuk diserap oleh usus.

Kalium

Dalam setiap 3 ons daging ikan kakap merah yang dimasak mengandung 444 miligram kalium atau 9.4 persen dari kebutuhan nutrisi harian tubuh akan kalium. Kalium, yang diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi, kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik, merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Diet yang tidak memiliki kadar kalium yang memadai dapat meningkatkan risiko terkena stroke, hipertensi, osteoporosis dan batu ginjal. Seseorang juga bisa menjadi kekurangan kalium apabila terlau sering mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang besar sehingga memerlukan konsultasi dokter tentang cara untuk mengurangi asupan natrium dan meningkatkan kadar kalium dengan aman supaya sistem tubuh dapat berjalan dengan baik.

Omega 3 Asam Lemak

Dalam setiap 100 gram daging ikan kakap merah yang dimasak mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak di mana konsentrasi omega-3 asam lemak kurang lebih sama dengan jumlah yang disediakan oleh 3 ons udang, lele kepiting maupun kerang. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang dewasa dan wanita tidak hamil untuk mengkonsumsi 3.5 ons ikan, yang kaya akan omega-3 asam lemak, yang dipanggang/dibakar sebanyak dua kali seminggu secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah) dan kolesterol tinggi secara signifikan. AHA juga melarang wanita hamil dan anak-anak untuk mengkonsumsi daging ikan kakap merah lebih dari beberapa kali sebulan untuk mencegah adanya kontaminasi merkuri di dalamnya.

25 Manfaat dan Khasiat Konsumsi Ikan Kakap untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi dalam ikan kakap mampu memberikan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti di bawah ini :

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang manusia, yang merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena tulang memberikan postur tubuh, akan terus tumbuh hingga dirinya mencapai umur 21 tahun dan mulai melambat pertumbuhan nya hingga memasuki umur 30 tahun. Oleh karena itu, orang tua, yang memikirkan kesehatan tulang anaknya, akan memberikan nutrisi agar kesehatan sang buah hati terjamin terutama kesehatan tulang nya. Banyak perusahaan yang mulai menawarkan obat-obatan, suplemen dan susu, yang kesemuanya itu merupakan makanan atau obat pabrikan yang tentu ada dosis dan efek samping nya sehingga bisa membahayakan tubuh akan ketergantungan, yang bisa menjunjang kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting untuk dilakukan agar supaya tidak mengalami pengeroposan tulang. Untuk mencegah pengeroposan tulang, dapat dilakukan dengan memberikan suplai kalsium, yang dapat diperoleh dari susu maupun makanan lain, yang cukup pada tulang. Selain itu, mengkonsumsi ikan kakap merupakan solusi untuk mendapatkan kandungan kalsium untuk tubuh.

baca juga : Fakta Mengerikan Dibalik Film Horror

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Kanker, dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari udara dan lingkungan sekitar maupun makanan yang dikonsumsi kurang sehat, merupakan penyakit yang timbul karena pertumbuhan sel yang buruk sehingga menyebabkan mutasi yang berlebihan pada tubuh. Salah satu manfaat dan khasiat ikan kakap adalah dapat mencegah kanker. Kenapa Begitu? Karena ikan kakap bisa mendorong pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh secara wajar sehingga dengan pertumbuhan sel yang baik, tubuh tidak akan melakukan mutasi yang berlebihan bagi tubuh yang bisa menimbulkan sel kanker.

  1. Mengatasi Sakit Jantung

Seperti halnya dengan penyakit kanker, penyakit jantung juga sangat mematikan. Tidak akan ada yang menduga bahwa seseorang bisa kehilangan nyawa secara tiba-tiba akibat penyakit jantung yang dideritanya. Orang yang terlihat sehat, tiba-tiba, dapat tidak sadarkan diri akibat gangguan pada jantungnya. Penyakit jantung disebabkan oleh ketidakmampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga aliran darah dan semua sistem organ dalam tubuh manusia akan terhenti. Untuk mencegahnya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap yang mampu membantu menguatkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga aliran darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh tanpa ada hambatan.

  1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit darah tinggi, akibat tidak lancarnya aliran darah dan ditandai dengan rasa pusing, yang biasanya menyerang orang tua, namun tidak menutup kemungkinan terhadap usia belia karena penyakit ini tergolong degeneratif. Untuk menurunkan hipertensi ini, orang awam biasanya memakan ketimun atau buah-buahan yang yang mengandung banyak air. Selain itu, untuk menurunkan hipertensi, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap. Bagi seseorang yang menderita hipertensi karena keturunan tidak usah khawatir apabila sering mengkonsumsi ikan kakap. Hal ini disebabkan oleh ikan kakap akan melancarkan sistem peredaran darah anda.

  1. Mencegah Terjadinya Stroke

Stroke, yang berarti juga kematian sistem saraf terutama saraf motorik (pergerakan), bisa menyerang seluruh tubuh, namun ada pula yang menyerang separuh badan. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar sehingga jantung gagal memompa darah dan otak mengalami kerusakan akibat tidak mendapat suplai oksigen dan nutrisi. Dengan mengkonsumsi ikan kakap, peredaran darah menjadi lancar sehingga dapat mengaktifkan syaraf motorik yang mati karena stroke memiliki keterkaitan satu sama lain antara matinya sistem saraf dengan kurang lancarnya peredaran darah.

  1. Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Batu Ginjal merupakan suatu kondisi di mana material keras yang menyerupai batu yang berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu di dalam ginjal sehingga menghambat kerja ginjal. Untuk mengatasi batu ginjal, tim medis merekomendasikan untuk melakukan operasi bedah. Namun jangan takut, untuk mengatasi batu ginjal ini tidak perlu dilakukan operasi, tetapi dapat juga dilakukan dengan cara mengganti pola makan di mana mengganti konsumsi daging menjadi ikan kakap. Kandungan Kalium yang terdapat dalam ikan kakap dapat menghancurkan kristal batu ginjal yang kemudian akan keluar bersama urin.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang diketahui banyak orang, vitamin A sangat dibutuhkan dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam ikan kakap, selain wortel, dapat mencegah terjadinya kerusakan mata dan menjaga kesehatan mata agar tetap jernih serta membantu bola mata terlihat segar dan bersih.

  1. Mengobati Osteoporosis

Siapa yang ingin tulangnya sehat dan kuat? Tentu semuanya ingin kan…. terutama orang tua, kakek dan nenek yang mendambakan tulangnya sehat dan kuat. Namun sayang, osteoporosis sudah terlanjur menggerayangi tubuh mereka. Nah…. segera lah mengonsumsi ikan kakap. Kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung dalam ikan kakap amat baik untuk menjaga kepadatan tulang di mana kalsium merupakan komponen utama pada tulang dalam mengisi kekeroposan pada tulang dan fosfor membantu tulang tidak hanya keras dan padat, akan tetapi, juga membuat tulang menjadi kuat dan tidak mudah retak.

  1. Mencegah Terjadinya Aterosklerosis

Inilah Khasiat yang terpenting dari ikan kakap…. Ternyata ikan kakap bisa mencegah bahkan menyembuhkan aterosklerosis. Aterosklerosis, yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang, merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah, di mana timbunan lemak jahat dan zat lain yang berbahaya bagi tubuh membuat pembuluh darah menjadi keras dan menyempit. Kandungan omega-3 asam lemak yang terkandung dalam ikan kakap dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah.

  1. Menurunkan Kadar Lemak dalam Tubuh

Khasiat ikan kakap saja bisa mencegah aterosklerosis maka sudah pasti mampu menurunkan kadar lemak berlebih. Walaupun tergolon ke dalam ikan yang dimanfaatkan dagingnya, daging ikan kakap memiliki kandungan lemak yang rendah. Bahkan, kandungan omega-3 asam lemak dalam ikan kakap mampu menurunkan kadar lemak berlebih pada tubuh. Bagi beberapa orang yang memiliki masalah berat badan dan tetap ingin mengkonsumsi daging, disarankan untuk mengkonsumsi daging ikan kakap yang tidak kalah lezat dengan daging ayam maupun daging sapi.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Kandungan kalsium dalam ikan kakap tidak hanya menjaga kesehatan tulang dengan mencegah tulang mengalami osteoporosis, namun juga mampu menjaga kesehatan gigi dengan masalah gigi berlubang yang dialami oleh banyak orang sehingga dapat mempengaruhi nafsu makan dan kesehatan organ tubuhnya. Biasanya, jenis ikan kakap yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi adalah ikan kakap merah dengan nama latinnya lutjanus campechanus.

  1. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Jika aliran darah yang merupakan komponen tubuh yang sangat penting berhenti, maka  hidup seseorang juga akan berhenti. Tidak lancarnya aliran darah, yang disebabkan karena banyaknya zat seperti kolesterol, lemak dan berbagai zat lain yang masuk ke dalam aliran darah, juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan akhirnya menghambat laju aliran darah. Untuk mengatasi masalah penyumbatan darah, dapat dilakukan dengan berbagai cara di mana salah satunya dapat dengen mengkonsumsi ikan kakap yang mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Omega-3 asam lemak sendiri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menghambat aliran darah sehingga, dengan mengkonsumsi ikan kakap, aliran darah dapat terhindar dari terjadinya penyumbatan.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan mineral kalium yang cukup tinggi yang terdapat dalam ikan kakap dapat memenuhi kebutuhan kalium harian tubuh. Kalium memiliki peran yang penting dalam tubuh karena sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Kandungan kalium dalam ikan kakap dapat membantu mengaktifkan berbagai enzim dalam tubuh untuk metabolisme energi. Kekurangan kalium dalam tubuh, dapat menyebabkan proses metabolisme terhambat yang mengakibatkan tubuh dapat merasa lemas karena kekurangan energi dalam tubuhnya. Jika metabolisme terganggu, maka aktivitas tubuh juga dapat terganggu. Oleh karena itu, untuk menjaga metabolisme tubuh seseorang diwajibkan mengkonsumsi ikan kakap.

  1. Mencegah Penyakit Rakitis

Rakitis, yang merupakan penyakit yang menyerang tulang dan bukan penyakit tulang secara umum seperti osteoporis, biasanya menyerang kaki dan tulang punggung sehingga menyebabkan fungsi tulang kaki melemah yang mengakibatkan kesulitan berjalan pada penderitanya. Tidak hanya menyerang kaki, rakitis juga mempengaruhi lengkung tulang punggung. Kekurangan kalsium pada tulang bisa menyebabkan penyakit rakitis. Untuk mencegah penyakit rakitis ini, penderitanya dapat mengkonsumsi ikan kakap untuk memenuhi kalisum dan mengembalikan kembali kekuatan tulang kaki dan juga lengkung tulang punggungnya.

  1. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Karena adanya kontak dengan lingkungan dan makanan yang dikonsumsi maka tubuh akan mudah terserang infeksi. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme resistensi, yang dilakukan dengan memproduksi antibodi oleh sel darah putih, terhadap infeksi yang menyerang tubuh. Sebenarnya antibodi yang dihasilkan oleh sel darah putih ini dapat mencegah terjadinya infeksi pada tubuh, akan tetapi, terkadang kemampuan sel darah putih untuk memproduksi antibodi mash terbatas sehingga tubuh dapat dengan mudah terserang infeksi. Untuk membantu sel darah putih mencegah terjadinya infeksi, dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap.

  1. Memperbaiki Sel Kulit yang Rusak

Kulit, bagian terluar tubuh yang selalu melakukan kontak dengan lingkungan, dapat mengalami kerusakan apabila nutrisi untuk kulit tidak terpenuhi. Bila mengalami kerusakan pada sel kulit, maka akan terjadi berbagai masalah kulit, seperti gatal, kusam, bahkan dapat terjadi kanker kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, dapat dilakukan dengan menutrisi kulit dari luar seperti dengan menggunakan lotion atau krim kulit. Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan kakap juga akan membantu memperbaiki kerusakan sel kulit dari dalam.

  1. Mengatasi Masalah Lambung

Makanan yang berasal dari mulut harus melewati lambung untuk kemudian dapat diproses pada sistem pencernaan. Jika lambung sudah bermasalah, maka sistem pencernaan juga akan mengalami masalah. Untuk mengatasinya, kita dapat mengkonsumsi ikan kakap sebagai salah satu makanan yang dapat mengatasi masalah pada lambung.

baca juga : hal yang bisa anda lakukan ketika jenuh saat jam kerja

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain mengatasi masalah lambung, ikan kakap juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit dan infeksi pada saluran pencernaan, yang tentunya sangat menganggu penyerapan makanan yang nantinya akan masuk ke dalam darah. Bila penyerapan sari makanan terganggu, maka suplai nutrisi pada organ lain juga akan terganggu. Dengan mengkonsumsi ikan kakap, berbagai masalah pada sistem pencernaan  dan melancarkan kerja sistem pencernaan, sehingga penyerapan sari makanan dapat berjalan dengan baik, dan kesehatan tubuh terjaga.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Anak kecil, yang nafsu makannya baik, sangat diharapkan oleh orangtuanya. Bila anak mengalami gangguan susah makan, orang tua terutama ibu akan melakukan banyak cara agar supaya sang buah hati memiliki nafsu makan yang baik sehingga kesehatan anak juga akan terjaga. Apabila sang buah hati mengalami masalah pada nafsu makannya, ibu dapat mengatasinya dengan memberikan ikan kakap sebagai salah satu menu makan untuk anak untuk mengembalikan nafsu makan pada anak.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin dengan baik. Untuk mengembalikan produksi insulin oleh pankreas, dapat mengkonsumsi ikan kakap, terutama ikan kakap merah, yang memiliki kandungan yang dapat membantu mengontrol produksi hormon insulin.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah pada Otak

Terkadang, secara tidak sengaja, seseorang dapat mengalami benturan pada beberapa bagian tubuhnya, salah satunya pada bagian kepala yang dapat menyebabkan terjadinya gumpalan pada kepala yang sangat berbahaya sehingga dapat mengganggu sirkulasi darah. Penderitanya dapat mengkonsumsi ikan kakap untuk mengatasi penggumpalan darah di otak dan melancarkan kembali sirkulasi darah.

  1. Mencukupi Nutrisi Otak di Masa Pertumbuhan

Otak, organ tubuh yang sangat penting karena berfungsi sebagai motor tubuh, dapat berkembang terutama pada masa pertumbuhan seperti pada masa anak menuju dewasa. Untuk membantu perkembangan otak, konsumsi ikan kakap dapat dijadikan penunjang agar otak dapat berkembang dengan baik. Kandungan yang terdapat dalam ikan kakap dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, sehingga perkembangan otak pada anak dapat berkembang dengan baik.

  1. Mengatasi Batuk Kronis

Batuk kronis adalah batuk yang sudah parah di mana harus segera ditangani karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasi batuk kronis, beberapa orang akan mendatangi dokter spesialis untuk mendapatkan resep antibiotik untuk menyembuhkan batuk tersebut agar kuman-kuman pada mati. Selain itu, Selain membawanya ke dokter, batuk kronis dapat diatasi dengan meminum sup ikan kakap, terutama ikan kakap hitam, sampai batuk kronis yang dialami berangsur membaik.

  1. Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi

Agar kondisi tubuh yang lemah dapat kembali seperti semula, perlu diberikan beberapa makanan yang dapat meningkatkan stamina pasien pasca melakukan operasi. Ikan kakap merupakan salah satu makanan yang dapat mengembalikan kekuatan bagi pasien pasca operasi. Kandungan yang terdapat dalam ikan kakap tidak hanya menguatkan tubuh, akan tetapi  juga dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien pasca operasi.

  1. Mencegah Terjadinya Kerusakan DNA

Kerusakan DNA dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Kandungan selenium yang terdapat dalam ikan kakap dapat mencegah radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan DNA. Selenium merupakan antioksidan, di mana kekuatannya dapat ditingkatkan ketika dikombinasikan dengan sumber vitamin E, yang dapat mencegah senyawa radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan DNA.

Bagaimana artikel “25 Manfaat dan Khasiat Konsumsi Ikan Kakap untuk Kesehatan Tubuh” menurut kamu? kalau bermanfaat silakan share ke teman-temanmu.

BAGIKAN