Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik – Sangat banyak sekali barang-barang yang terbuat dari plastik dalam kehidupan sehari-hari. Coba saja perhatikan di sekitar kamu, sudah ada berapa barang dari plastik yang ada? Penggunaan plastik yang saat ini sudah terlalu berlebihan dapat menjadi ancaman bagi lingkungan dan kehidupan loh.

Saat ini saja sudah banyak bukti tentang pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang sudah terlalu merusak ekosistem dan mengancam keselamatan hewan. Nah, supaya lebih tahu dan mungkin saja bisa meningkatkan kesadaran akan ancaman polusi plastik, yuk simak langsung sederet fakta mengerikan tentang polusi sampah plasitk berikut ini!

Baca Juga :


Berikut sederet fakta mengerikan tentang polusi sampah plastik

Angka penggunaan dan produksi plastik meningkat pesat

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka penggunaan dan produksi plastik meningkat sangat drastis. Pada tahun 1950-an, angka produksi plastik masih berkisar 2 juta ton dan meningkat sampai 380 juta ton pada tahun 2015. Bayangkan bagaimana sampah plastik bertahun-tahun kemudian jika kebiasaan menggunakan plastik belum berubah.

46% sampah plastik mengambang di lautan

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Hampir sebagian dari jumlah sampah plastik mengambang di lautan. Ini baru di permukaan saja loh, siapa yang tahu ada berapa banyak plastik yang sudah tenggelam ke dasar lautan dan merusak ekosistem di laut?

Membutuhkan 50 sampai 80 tahun untuk terurai

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Salah satu masalah utama dari sampah plastik adalah membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Setidaknya 50 sampai 80 tahun lamanya agar plastik bisa terurai sempurna.

100 ribu hewan laut meninggal setiap tahun akibat plastik

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Seringkali kita melihat berita tentang hewan laut yang terjebak sampah plastik atau menderita karena sampah plastik. Tak jarang hewan-hewan tersebut meninggal karena sampah plastik. Mereka kerap menganggap plastik sebagai makanan. Penelitian mengungkapkan bahwa 100 ribu hewan laut meninggal setiap tahunnya akibat sampah plastik.

500 juta sedotan plastik dipakai setiap hari

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Penggunaan sedotan plastik bisa ditemui di hampir setiap tempat menjual makanan dan minuman. Sangkin banyaknya, setidaknya 500 juta sedotan plastik dipakai setiap hari.

Terumbu karang terancam punah

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Seperti yang sudah diketahui, terumbu karang merupakan salah satu ekosistem paling besar di dunia. Terumbu karang juga merupakan rumah bagi banyak hewan laut. Bahkan terumbu karang juga melindungi garis pantai dari perusakan gelombang atau badai tropis. Sayangnya, menurut penelitian, lebih dari 90% terumbu karang di dunia akan mati akibat bakteri dari sampah plastik yang tersebar di lautan.

Mengancam kehidupan satwa

Sederet Fakta Mengerikan Tentang Polusi Sampah Plastik

Tak hanya hewan laut saja yang terancam akibat sampah plastik, hewan-hewan lain seperti burung laut, penyu, anjing laut dan lainnya juga banyak terancam dan ditemukan terjerat sampah plastik.

Itulah sederet fakta mengerikan tentang polusi sampah plastik. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita memulai dari diri sendiri untuk mengubah kebiasaan hidup demi lingkungan hidup yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN