Hari pertama masuk ke dalam lingkungan kerja rasanya pasti semangat banget dong. Apa lagi buat kamu para fresh graduate. Wah, pasti nih pagi-pagi buta udah bangun, beres-beres dan pastinya memastikan lagi penampilan kamu sudah rapi dan semua barang yang harus kamu bawa ke kantor sudah ada di dalam tas. Bener nggak nih? Walaupun terlihat semangat di luar, tentunya kamu memiliki ketakutan sendiri dong di dalam diri kamu. Ya nggak nih? Ketakutan mengenai bos seperti apa yang akan memimpin kamu sampai bagaimana teman-teman satu divisi kamu. Ternyata nih ada banyak banget lho tipe teman kantor yang akan kamu temui di dunia kerja. Sebelum kamu terkaget-kaget dengan karakter teman yang akan kamu temui nanti, emang paling enak cari informasinya dulu di sini. Pada artikel yang satu ini, kami akan membeberkan beberapa tipe teman kantor yang bisa kamu temui di dunia kerja. Penasaran? Check this out!

Si Pandai yang Suka Membantu

o-young-coworkers-facebook-1024x512

Sumber Foto : symperas.gr

Siapa sih yang nggak mau punya teman yang suka bantu. Kita nggak tau apa, dia siap membantu. Kita lagi nggak bisa ngerjain sesuatu, dia dengan tulus mau membantu. Wuih, ini nih tipe teman yang paling diincar semua orang. Si suka membantu. Saat kamu memasuki dunia kerja, jangan kaget ya kalau kamu menemukan teman jenis ini. Karena, bisa dipastikan kok di dalam satu divisi pasti ada yang lebih menonjol karena kepandaiannya serta suka membantu. Jika menemukan teman jenis seperti ini di lingkungan kerja, nggak ada salahnya untuk coba mendekatkan diri kepadanya. Dengan demikian, kamu yang masih harus beradaptasi dengan lingkungan kantor, akan semakin nyaman karena akan selalu dibimbing oleh dia, seolah-olah dia adalah guru kamu. Enak banget kan? Jangan heran juga kalau si pandai yang suka membantu ini memiliki banyak teman. Nggak cuma disenangi oleh teman-teman satu divisi, teman-teman dari divisi lain yang bekerja sama dengan dia juga pasti akan senang dekat dengannya. Jadi, bisa dibayangin dong ya seberapa populernya

Mau Tahu Berita Terkini? Tanya Miss Gosip

Businesswomen gossiping in office
Businesswomen gossiping in office

Sumber Foto : i.huffpost.com

Wah, kalau yang satu ini sepertinya juga akan kamu temui di kantor manapun. Mungkin mereka menyebar kali ya. Oke oke, tipe berikutnya adalah si tukang gosip yang pastinya akan mengetahui semua berita-berita terkini seputar kantor. Mau tahu siapa yang akan naik jabatan bulan depan? Atau mau tahu apakah kamu masuk ke dalam daftar karyawan yang akan naik gaji bulan depan? Semuanya bisa ditanyakan kepada miss gosip. Yep, teman yang satu ini akan mengetahui semua berita mengenai kantor. Nggak cuma seputar siapa yang akan naik gaji, siapa yang akan naik jabatan, dan project apa yang akan kalian lakukan di bulan depan, dari si miss gosip, kamu juga bisa lho mendapatkan informasi-informasi mengenai gosip “panas” seputar boss atau juga teman kantor lainnya. Mengetahui banyak hal memang bagus, namun apa jadinya kalau waktu bekerja kamu menjadi terbuang sia-sia karena kebanyakan gosip? Ada baiknya nih kalau kamu menemukan teman tipe ini, kamu benar-benar membuat prioritas dalam bekerja. Saat sedang bosan, boleh gosip sebentar, setelah itu balik lagi deh kerja.

Si Lebay yang Suka Melebih-Lebihkan Keadaan

B51R1E Business People Talking at Desk
B51R1E Business People Talking at Desk

Sumber Foto : successyeti.com

Apa jadinya kalau kamu harus menghadapi teman lebay yang suka melebih-lebihkan sebuah keadaan? Waduh, pasti kesel juga ya lama-lama. Eits, kayaknya kamu harus mulai menyesuaikan diri kamu dengan teman jenis ini deh. Si lebay emang suka banget melebih-lebihkan sesuatu yang sebenarnya nggak gitu penting. Contohnya aja, saat ngobrol bareng saat istirahat dan ada yang menceritakan tentang cerita sedih, bisa aja nih si lebay meneteskan air mata. Kalau taraf kelebayan-nya udah parah banget, bisa-bisa dia nangis dengan suara kencang. Wah, kalau udah kayak gini rasanya ingin menjauh aja dari dia. Bener nggak? Tapi, sabar dulu. Nggak jarang si lebay bisa membantu kamu lho. Sebagai teman yang baik, boleh nih kamu menegur dia agar nggak terlalu lebay. Tapi, harus dengan nada yang baik-baik ya.

Si Asal Jadi yang Nggak Memperhatikan Proses Kerja

grafeiokratia-570

Sumber Foto : koolnews.gr

Ngak hanya miss gosip dan si lebay yang akan kamu temukan di lingkungan kerja, kamu ternyata juga bisa lho menemukan si asal jadi yang taraf malesnya tinggi banget. Buat kamu yang satu tim dengan si asal jadi, harus ekstra hati-hati ya. Karena, si asal jadi ini nggak pernah tuh namanya mikirin proses kerja yang harus dia lewati. Dia mengerjakan semua project dari boss asal jadi. Yang penting selesai tepat waktu. Tanpa melihat kembali apa yang dia lihat sudah tepat atau belum. Buat kamu yang kebetulan mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan si asal jadi, nggak ada salahnya lho untuk cek kembali hasil kerjaannya. Dengan begitu, kamu nggak akan deh kena semprot dari si boss karena hasil yang nggak memuaskan.

Hati-Hati! Ada Juga Si Penjilat

getty_86178122_97064797045000_50617

Sumber Foto : inc.com

Ternyata ada nih satu jenis teman kantor yang harus kamu waspadai. Yes, si penjilat. Jika kamu menemukan teman dengan sifat seperti ini, kamu harus super hati-hati ya. Karena nggak jarang juga nih ada kasus mengenai teman sekantor yang menjelek-jelekan temannya sendiri di depan boss. Si penjilat memang terkenal dengan kata-katanya yang manis di depan boss. Hal ini dilakukan karena dia ingin “menarik” hati si boss agar ia mendapatkan posisi yang aman di kantor. Wah, kalau udah kayak gini, suasana kerja bisa jadi nggak enak ya. Ada baiknya kamu sedikit menjaga jarak dan nggak terlalu mengumbar rahasia pribadi kamu kalau kamu tidak mau dia menjelek-jelekan kamu. Nggak cuma bisa “menjilat” atasan, tipe teman yang satu ini juga bisa lho “menjilat” sesama teman kantor untuk kepentingan dia sendiri. Wah, bahaya banget ya.

Itu dia sebagian besar karakter teman yang akan kamu temui di dunia kerja. Setelah membaca artikel yang satu ini, tentunya kamu semakin mengetahui dong tipe-tipe teman yang akan kamu temui nanti setelah menginjakan kaki di dunia kerja. Jangan sampai kamu salah bergaul ya. Tetap jadi dirimu, jangan terpengaruh dengan yang lainnya. Setelah mengetahui tipe teman yang akan kamu temui, nggak seru banget dong kalau nggak tahu tentang tipe bos yang akan kamu temui di dunia kerja nanti.

sumber : tokopedia.com

BAGIKAN