Tips Nyaman Bekerja di Depan Komputer Seharian – Banyaknya pekerjaan yang menumpuk membuat kita harus selalu stand by di depan layar komputer. Bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi tubuh. Rasa pegal pada sekujur tubuh, mata perih, atau sakit leher merupakan hal yang sering dialami saat kita berada di depan layar komputer terus-menerus. Apalagi jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, pasti sangat tidak baik untuk kesehatan kamu loh.

Tapi tenang aja! Jika kamu melakukan hal-hal di bawah ini,  jamin masalah-masalah di atas dapat diminimalisir dan kamu akan tetap merasa nyaman bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama 😀

Atur Posisi Duduk

Hal utama yang perlu diperhatikan saat bekerja di layar komputer seharian adalah posisi duduk kamu. Hindari posisi membungkuk karena akan membuat cepat lelah terutama di bagian leher dan punggung. Atur juga posisi duduk kamu agar jarak mata dan layar komputer tidak terlalu dekat. Hal ini karena radiasi yang dipancarkan oleh layar komputer dapat membuat mata kamu rusak loh.

Menurut penelitian, saat kamu membuat posisi tubuh dan mata sejajar dengan layar komputer, tubuh akan menjadi lebih rileks dan dapat mengurangi rasa lelah pada mata dan punggung.

Istirahat Sebentar

Meskipun pekerjaan sangat menumpuk, tapi usahakan agar kamu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengistirahatkan tubuh. Caranya mudah banget kok, kamu hanya perlu berjalan santai di sekitar meja kamu. Kalian juga bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti memutar leher searah atau berlawanan dengan jarum jam, meregangkan jari, atau melakukan gerakan seperti sedang senam. Kegiatan-kegiatan ini akan membuat tubuh kamu bergerak sehingga tidak kaku atau kram.man-working-at-a-computer-825x549

Minum Teh Madu

Berada di depan layar komputer seharian tak hanya membuat tubuh menjadi pegal-pegal, tapi juga membuat mata kamu jadi lelah. Mata lelah tentu dapat membuat penampilan kamu jadi nggak oke. Untuk mengatasi mata lelah akibat sering menatap layar komputer, kamu bisa mencoba meminum teh madu. Teh madu dipercaya dapat membantu mata menahan radiasi komputer loh. Dengan beristirahat sejenak sambil menikmati manisnya teh madu akan membuat mata kamu kembali segar. Tak hanya mengatasi masalah mata lelah, tubuh kamu pun dapat rileks kembali setelah penat mengerjakan berbagai tugas.

Hindari Bekerja di Tempat Gelap

Saat bekerja dengan menggunakan komputer, hindari bekerja dengan suasana tempat yang gelap. Tempat yang gelap akan membuat mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer yang terang sehingga membuat mata kamu cepat lelah. Jadi mulai sekarang perhatikan juga ya intensitas cahaya yang ada di tempat kamu bekerja.drinking-tea

Perhatikan Penempatan Keyboard dan Mouse

Tak hanya posisi duduk saja yang menentukan nyaman atau tidaknya kita bekerja di depan komputer. Ternyata letak keyboard dan mouse pun juga berpengaruh loh. Tempatkan keyboard pada posisi paling nyaman, atur agar pergelangan tangan tetap lurus saat kamu mengetik. Untuk mouse sendiri sebaiknya letakkan di posisi yang mudah dijangkau.

Nah itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap nyaman bekerja di depan layar komputer seharian. Selama kamu dapat nyaman saat bekerja, kamu dapat fokus sehingga pekerjaan yang dikerjakan pun dapat terselesaikan dengan baik.

sumber : Tokopedia.com

BAGIKAN